Wisatawan di Baturraden Meningkat Empat Kali

SAAT memasuki liburan Natal, pengunjung di Lokawisata Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, meningkat drastis.Jumlahnya melonjak 4 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa. Kemarin, jumlah pengunjung di atas 2 ribu. Padahal, pada hari biasa rata-rata hanya berkisar 300-500 pengunjung.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Baturraden Arif Totok Supriyanto mengatakan jumlah pengunjung di kawasan wisata alam tersebut meningkat jika dibandingkan dengan hari biasanya. “Kalau hari biasa rata-rata hanya 300 pengunjung, maksimal 500 pengunjung. Saat memasuki libur Natal, jumlah pengunjung mencapai 2 ribu lebih atau meningkat 4 kali lipat,“ jelas Arif, kemarin.

Menurutnya, jumlah pengunjung meningkat sejak sebelum Natal, tepatnya pada awal pekan lalu. “Pada awal pekan lalu, pengunjung di Baturraden telah meningkat dua kali lipat karena rata-rata pengunjungnya 1.000 orang.Kemungkinan jumlah pengunjung masih tetap tinggi sampai pergantian tahun pekan depan,“ ujarnya.

Salah seorang pengunjung asal Semarang, Heri, 45, mengatakan ia bersama keluarganya sengaja melewatkan libur Natal di Baturraden. “Mumpung anak-anak sedang libur, saya juga cuti, sehingga menyempatkan libur di sini,“ katanya.

Di Jawa Timur, ribuan warga Surabaya memadati Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk menghabiskan libur Natal. KBS selama ini menjadi lokasi wisata favorit warga.

Sejak kemarin pagi, pengunjung KBS sudah memadati loket penjualan tiket masuk.Bahkan, lokasi parkir sampai membeludak di pinggir Jalan Diponeggoro yang semestinya dilarang parkir kendaraan.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya Agus Supangat mengatakan bahwa manajemen menargetkan pengunjung KBS selama libur Natal dan Tahun Baru sebanyak 100 ribu orang. Pemkot Surabaya menyiapkan beberapa paket wisata di KBS. Satwa yang sedang makan dipertontonkan pada pengunjung, di antaranya komodo dan ikan arapaima di tengah irama musik. (LD/FL/UL/N-1) Media Indonesia, 26/12/2014 halaman 11

1 komentar:

Posting Komentar