Perencanaan Usaha Rental Mobil Pekanbaru

Memulai sebuah usaha tentunya banyak yang harus dipersiapkan, dengan memulai perencanaan yang baik. Saat memutuskan untuk memulai usaha rental mobil di Kota Pekanbaru. Anda memang harus benar-benar mematangkan rencana tersebut, karena memulai sebuah usaha sewa mobil cukup mengeruk dana anda lebih dalam.

Karena beberapa komponen harus anda persiapkan, dan berikut adalah komponen yang dipersiapkan :

  • Tempat usaha rental mobil harus strategis. Anda harus memilih sebuah lokasi untuk kantor anda nantinya. Pertama yang harus anda pikirkan adalah tempat parkir mobil. Kemudian lokasi tersebut harus ditengah-tengah kota Pekanbaru agar dapat didatangi dengan cepat oleh pelanggan. Kemudian anda harus memikirkan tempat meletakkan plang yang lumayan besar agar dapat dilihat orang.
  • Memiliki mobil untuk disewakan, sebaiknya anda memulai bisnis ini dengan menggunakan mobil baru. Karena dengan mobil baru pelanggan akan cepat menyewa mobil anda. Kemudian carilah rekanan/ partner yaitu orang yang bersedia menyewakan mobilnya. Jadi diawal dengan modal yang tidak begitu besar anda dapat memiliki beberapa unit armada untuk disewakan kepada konsumen anda.
  • Mulailah menargetkan pangsa pasar yang akan anda raih. Apakah anda akan melirik dan memfokuskan pada perusahaan dengan sistem kontrak atau sistem sewa harian ataupun keduanya. Karena melirik pangsa pasar sangatlah penting bagi usaha rental mobil. Jika anda melirik kontrak tentunya anda harus berani menawarkan ke perusahaan-perusahaan, dengan membuat proposal penawaran yang berisi segudang kelebihan dan keuntungan yang anda tawarkan kepada calon konsumen. Utarakan kelebihan anda dibandingkan usaha sewa mobil Pekanbaru yang lain.
Kemudian anda harus merencanakan dengan matang mengenai pengelolaan keuangan dan pemasaran. Karena kedua hal ini cukup penting dan harus anda kuasai, karena jika kesalahan terjadi usaha yang baru saja anda dirikan bisa saja kembali hancur. Beberapa point penting yang harus anda pikirkan untuk target penyewaan mobil yaitu:
  • Kebijakan dalam menentukan harga rental mobil serta sistem pembayaran. Anda diharuskan memikirkan harga dan sistem pembayaran yang lebih menarik dan bersaing dari competitor yang lain. Agar calon konsumen langsung jatuh hati dan menjadi pelanggan tetap anda.
  • Pengelolaan keuangan yang baik dengan menentukan prioritas dari pengeluaran anda setiap harinya. Karena anda harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit ketika jatuh tempo tagihan datang.
  • Menentukan cara promosi yang tepat agar calon konsumen cepat mengetahui usaha rental mobil yang telah anda dirikan.
Perlu anda ingat masyarakat Pekanbaru merupakan masyarakat yang konsumtif. Gaya kehidupan masyarakat Pekanbaru lebih glamor dibandingkan provinsi tetangga. Dan barometer Provinsi Riau adalah Kota Pekanbaru, dan bersiap-siaplah anda meraih keuntungan besar, jika langkah, strategis anda tepat. Demikianlah tulisan penulis tentang perencanaan usaha rental mobil Pekanbaru.

0 komentar:

Posting Komentar