Jutaan Kendaraan Bermotor (KBM) Bakal Melintas di Solo

Setidaknya 7,6 juta unit kendaraan bermotor akan melintas di Kota Solo selama arus mudik Lebaran 2013. Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di pusat kota, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan rencana pengalihan rute kendaraan bermotor yang melintas di wilayah ini. "Pemasangan rambu portable pada 76 titik persimpangan telah pula dilakukan sejak H-20 lebaran," ungkap kepala Dishukominfo Kota Surakarta Yosca Herman Soedradjad, Selasa 923/7)

Dia membeberkan jumlah KBM yang melintas kendaraan bermotor yang melintas di Kota Solo pada saat arus mudik Lebaran selalu mengalami peningkatan 10 persen setiap tahun. Dengan demikian perlu rekayasa manajemen lalu lintas yang akurat agar tidak terjadi kemacetan arus. Mengapa demikian, karena jalan di Kota Solo panjang dan lebarnya selalu ajeg, sementara kendaraan bermotor yang melintas bertambah padat.

Meningkatkannya kendaraan bermotor dalam arus mudik tidak terlepas dengan kondisi kota bengawan yang menjadi tujuan ataupun perlintasan pemudik yang hendak ke kota/ kabupaten di Jawa Timur.

Untuk melakukan pengalihan arus kendaran bermotor yang melitas di Kota Solo, pihaknya juga terkendala dengan tengah dilaksanakannya pembangunan Jembatan Komplang di Wilayah Banyuanyar. Kemampuan pada hari minggu ataupun pada saat peak seperti selesainya masa libura, di jembatan yang dimaksud tetap terjadi antrian dan mencapai kapasitas 560/ kbm/ jam. Padahal saat berlangsungnya arus mudik lebaran diperkirakan kepadatan bakal mencapai 2000/ kbm/ jam. (Sumber wawasan, 25 Juli 2013)

0 komentar:

Posting Komentar